Pengurus MKI Sumsel Terbentuk

Sabtu, 10 April 2021

Palembang - Sabtu, 10 April 2021 bertempat di Baturaja Room Hotel Grand Inna Daira, telah dilaksanakan pelantikan kepengurusan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Wilayah Sumatera Selatan yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel, GM PLN UIW S2JB, Pengurus MKI Pusat, dan Jajaran Kepala Operasional Daerah Sumsel. 

Pengurus MKI Sumsel periode 2021-2025 dikukuhkan langsung oleh Sekjen MKI Andri Doni, sementara penyerahan pataka dilaksanakan oleh Wakil Ketua Umum DPP MKI Chairani Rachmatullah. Dalam susunan kepengurusan MKI 2021-2025, terpilih sebagai Ketua Dr. Ing Ir. Ahmad Taqwa, MT.,  Wakil Ketua I, Jhonni Putra ST, IPM., Wakil Ketua II Dr. Aryansyah., S.T., M.T., Wakil ketua III M. Izman Herdiansyah S.T., MM., PhD, Sekretaris Umum Muhammad Abu Bakar Sidik., S.T., M.Eng., Ph.D, IPU, Wakil Sekretaris Umum Ir. Edih Setiadi., M.M., dan Bendahara Muhammad Darmansyah. 

Dalam sambutannya, Ahmad Taqwa menyampaikan bahwa MKI merupakan bagian yang menyambungkan 3 sisi, yaitu pemerintah, penentu kebijakan, dan pelaksana kebijakan. 

"MKI memiliki dewan pakar yang dapat memberikan pertimbangan dari sisi keilmuan atau kajian untuk pertimbangan operasional ketenagalistrikan" ungkap Ahmad Taqwa 

Chairani mengatakan bahwa MKI merupakan organisasi nirlaba yang menyambungkan tiga stakeholders utama, yaitu pemerintah, legislator, dan pelaksana kebijakan. Telah banyak kajian-kajian yang dilakukan MKI dalam rangka memberi masukan kepada pemerintah dalam membuat kebijakan ketenagalistrikan. 

H. Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan memberikan ucapan selamat dan apresiasi terhadap pengurus yang baru dilantik dalam acara tersebut. 

"Saya ucapkan selamat kepada pengurus terpilih, semoga dapat mengemban amanah dengan baik". 

H. Herman Deru mengungkapkan ada berbagai tantangan yang dihadapi dalam hal ketenagalistrikan di Sumatera Selatan. "Beberapa tantangan yang dihadapi saat ini di antaranya adalah pembangunan SUTT khususnya terkait kepemilikan tanah, distribusi listrik untuk daerah terpencil, penggunaan mobil listrik, yang dalam hal ini MKI diharapkan dapat memberikan ide/terobosan bahkan solusi."

Sebelumnya di hari yang sama juga dilakukan seminar ketenagalistrikan yang menghadirkan pembicara kunci Kepala Dinas ESDM Sumsel Hendriansyah, GM PLN UIW S2JB Bambang Dwiyanto dan Sekjen MKI Andri Doni. Bambang mengatakan bahwa kondisi pasokan listrik di Sumsel sangat cukup dan ketahanan emergo listrik di sini luar biasa bagus. Dengan beban puncak sekitar 950 MW dan daya mampu pembangkit 1.350 MW, maka Sumsel  juga mengirim energi  listrik ke Provinsi lain seperti Lampung dan Jambi. Hal itu dimungkinkan karena pulau Sumatera telah tersambung menjadi satu sistem interkoneksi melalui jaringan transmisi 275 kV yang sering disebut sebagai tol listrik.  

Bambang juga mengucapkan selamat kepada pengurus MKI terpilih dan berharap MKI bisa menjadi mitra strategis untuk bersama-sama memajukan kelistrikan di bumi Sriwijaya.


No comments

Leave a comment